Friday, July 1, 2016

Taman Air Mancur Simpang 5 Pati. Destinasi Pati Yang Baru Meski Belum Begitu Istimewa


Destinasipati. Jika Anda lama tidak megunjungi alun alun simpang 5 Pati, bisa jadi Anda akan merasakan pemandangan yang berbeda. Di pertigaan sebelah Masjid Agung Baitunnur Pati yang semula terdapat tugu joglo bumi mina tani, kini dipugar menjadi taman air mancur.

Melihat desain bangunannya, penampang air mancur ini cukup keren. Ada 13 sumber air yang memancar dari bawah bersamaan. Dengan pancaran air mancur tertinggi berada di tengahnya. Pada empat sudutnya terdapat 4 air mancur lainnya yang memancarkan air melengkung seperti janur. Bila malam tiba, kombinasi lampu sorot aneka warna akan menambah keindahannya. Penampangnya melingkar dengan diameter 6 meter dan tinggi pancaran air maksimal 2,5 meter.


Sejak diujicoba, taman ini sudah banyak mengundang animo warga Pati yang penasaran. Namun, ada sepertinya masih ada beberapa hal yang belum dioptimalkan.

Desain air mancur antara penampang dan tinggi semburan air mancur tidak seimbang. Jika tekanan air ditinggikan, justru percikannya tumpah ke jalan. Jika direndahkan, tak terlihat begitu gagah. Terlebih arealnya memang terbatas.

Ada baiknya dibagian tengah kolam diberi bangunan lain misalnya tugu atau cendawan atau yang lain sehingga tetap terlihat gagah. Bisa juga jumlah semburan air dibuat lebih rapat.
ini sekedar usul lho Pak Pemkab

Sedari awal, ide pembuatan kolam air mancur ini dimaksudkan untuk memperindah kota agar lebih menawan. Sayangnya filosofinya justru kurang diperhatikan. 

Seorang kawan bahkan berkelakar "kenapa tidak tugu kran melayang ya..yang disini...kan filosofinya, mensucikan diri sebelum ke masjid. Kalau kolam apa ya? Apa ngasih makan ikan dulu atau bagaimana?"

Taman senilain Rp 199 juta ini nampaknya membutuhkan sentuhan lebih lanjut untuk kembali merebut hati pengunjung.

Artikel Terkait

Taman Air Mancur Simpang 5 Pati. Destinasi Pati Yang Baru Meski Belum Begitu Istimewa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments