Sunday, July 10, 2016

Lomban Sedekah Laut Kali Juwana, Agenda Pesta Rakyat Yang Layak Jadi Destinasi Wisata

Destinasipati.com - Tiap tahun pasca lebaran atau yang biasa disebut "bodo kupatan" Kota Juwana selalu mengadakan tradisi lomban sedekah laut atau kadang juga disebut larung sesaji kali juwana. Agenda ini tidak hanya menyelenggarakan kirab sesaji untuk dilarung ke laut saja, tetapi juga berbagai pertunjukan dan perlombaan. Pertunjukan ketoprak, lomba tangkap bebek, lomba balap perahu, dan konser dangdut beberapa grup musik pantura ternama sering dilakukan.


Puncaknya, kirab/ arak arakan sesaji mulai dari alun alun juwana menuju PPI Bajomulnyo. Warga selalu antusias di sepanjang jalan hingga sampai di komplek PPI Bajomulyo.

Dikali hingga dilaut, hilir mudik kapal kecil dan besar melarung sesaji/ memberikan sedekah laut. Biasanya mereka bersama keluarga sambil membaca nasi kotak atau besekan yang akan dimakan dan dibagikan dengan kapal lain yang dijumpainya. 

Agenda ini jika dikelola dengan lebih rapi, sangat berpotensi menjadi daya tarik berbagai kerajinan dan kuliner khas juwana. Bazar batik, kuningan, berbagai olahan hasil laut, bandeng presto dan lainnya bisa dipasarkan saat itu juga (Saat ini belum dilakukan lho...:D )

Puncak acara sedekah laut untuk tahun ini direncanakan tanggal 17 Juli 2016 mulai pagi buta. Pastinya, agenda tahunan ini sangat sayang untuk dilewatkan.







Artikel Terkait

Lomban Sedekah Laut Kali Juwana, Agenda Pesta Rakyat Yang Layak Jadi Destinasi Wisata
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments