Thursday, June 2, 2016

Bakorwil Pati, Tempat Hunting Foto Paling Favorit di Pati yang Berbalut Kisah Mistis.

Destinasipati.com . Bakorwil 1 Jawa Tengah yang sering disebut kantor karesidenan Pati ini menyimpan dua hal sekaligus. 
Sisi Eksotis
Keindahan tempat, bangunan kuno, kolam besar ditengahnya, pepohonan rimbun yang pasti adem untuk sekedar bercengkerama dengan keluarga, bercanda dengan teman atau sekedar hunting foto. Serunya, asal nggak ada acara tertentu, masuk ke area ini gratis lho. Tapi kendaraan diamanin sendiri ya...


Anak muda Pati hampir rata-rata pernah mengunjungi tempat ini. Utamanya mereka yang hobby fotografi. Tak hanya itu, beberapa waktu lalu tempat ini juga dipakai sebagai tempat ujian CPNS yang pendaftarnya berasal dari berbagai daerah.  Komunitas motor, komunitas batu akik, komunitas pecinta burung, lomba tenis lapangan juga sering diadakan disini. Mengapa? ya karena tempat ini memang ngehits di Pati. Tempatnya luas, dan mudah dijangkau.

Sejarahnya Bakorwil 1 Pati
Sejak zaman pemerintahan Belanda di Indonesia bangunan Rumah Dinas Kepala Badan Koordinasi Wilayah I yang terletak di Jalan Pangeran Sudirman Nomor 3 Pati, dahulu merupakan tempat tinggal Pejabat Residen. Pejabat Residen Pati terakhir pada waktu Pemerintahan Belanda di Indonesia adalah Tn. Phandhen Thoch, kurang lebih pada tahun 1936.

Setelah Bangsa Jepang menduduki Indonesia maka bangunan Rumah Dinas dikuasai Bangsa oleh Jepang. Pertama kali yang menjadi Residen saat itu adalah Tn. Nakamura, kurang lebih pada tahun 1941 dan selanjutnya Tn. Minami kurang lebih pada tahun 1943. Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Rumah Dinas tersebut diserahkan kepada Bangsa Indonesia dan yang pertama kali menerima penyerahan adalah Tn. Mr. Iskandar sekaligus sebagai Residen pertama.

Badan Koordinasi Pembangunan Lintas Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah Wilayah I merupakan penggabungan wilayah Eks Pembantu Gubernur Wilayah Semarang dan Pembantu Gubernur Wilayah Pati dengan pusat Pemerintahan di Pati.


Aura Mistis
Sisi mintis gedung peninggalan Belanda ini juga tak kalah seru. Bahkan acara Mr.Tukul Jalan Jalan milik Trans7 pernah singgah ditempat ini.
Bangunan peninggalan jaman Belanda ini terkenal keangkerannya. Bahkan ada yang menyebutkan bahwan kolam besar ditengah tersebut dulu tempat   pembuangan ratusan mayat tawanan Belanda.

Beberapa orang pernah menceritakan bahwa di sekitar area kolam itu sering tercium bau anyir darah dan terdengar suara rintihan orang kesakitan, bahkan terkadang sosok nampak mahluk halus yang menguasai bangunan tersebut.

Di belakang rumah dinas itu terdapat bangunan tua dan sebuah pohon beringin yang diperkirakan berusia lebih 200 tahun. Masyrakat sekitar meyakini pohon tersebut merupakan pintu gerbang menuju kerajaan gaib.

Oya lokasinya ada di Jl. Panglima Sudirman No.52, Puri, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Nah, bagaimana sedulur destinasipati.com? lebih suka berkunjung siang hari menikmati keindahan atau malam hari saat aura mistis mulai menguat?

Artikel Terkait

Bakorwil Pati, Tempat Hunting Foto Paling Favorit di Pati yang Berbalut Kisah Mistis.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments