Monday, May 9, 2016

Tugu Tani Pati, Citra Kabupaten Pati Penyangga Pangan Nasional

destinasipati.com. Kalau Anda menyusuri jalur pantura timur Jawa Tengah dan menemukan Patung Petani, membawa seikat kacang, memanggul cangkul dan menggunakan ikat kepala khas Pati berarti Anda sedang berada di Pati Bumi Mina Tani.

Dibagian bawahnya terdapat seikat jagung dan ikan hasil memancing. Ini kode keras bahwa memang Pati adalah Bumi Mina Tani. Kode keras buat siapa? ya siapapun yang memangku kepentingan publik di Pati agar tetap memegang erat pesan ini. Jika Pertanian dan Perikanan belum sejahtera berarti belum berhasil secara prinsipnya.

Foto ini saya ambil dari sudut terbaik (menurut saya).  Posisinya tepat dari tikungan mesra di pojokan Kalidoro Gemeces Pati. Kalau dari arah Swalayan ADA akan tertutup rangkaian wayang Kresna yang kalau malam serius "nutupin" ikon Pak tani di belakangnya. Tapi kalau siang, aman. hehehe.

Saat ini (2016) Pati masih menjadi 3 besar penyangga pangan nasional. Targetnya akan selalu ditingkatkan sebagai yang pertama atau yang kedua. Mengapa? semakin produktif pertaniannya, Kementerian Pertanian juga pasti akan merespon dan memberikan perhatian lebih banyak bagi petani. terutama akses pupuk, obat obatan pertanian, penjualan pasca panen dan distribusi.

Permasalah pertanian di Pati, kalau musim kemarau panjang, sulit air sehingga ada jeda beberapa bulan sawah tidak produktif. Tak ada padi tak ada palawija.



Artikel Terkait

Tugu Tani Pati, Citra Kabupaten Pati Penyangga Pangan Nasional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments