Tuesday, May 10, 2016

Tugu Bandeng Juwana, Tegaskan Juwana Kota Bandeng

Destinasipati.com.. Juwana dalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati ,Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tak jarang orang luar daerah lebih mengenal nama Kota Juwana dari Pada Kota Pati sendiri. Kota kecil ini merupakan kota pesisir yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan kota Pati dengan kota Rembang Juwana memiliki banyak pesona dari berbagai ikon yang dimilikinya.Salah satunya karena kuliner khas Juwana yang disebut Bandeng Presto, Bandeng duri lunak, otak otak bandeng dll.

Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Asal mulanya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di kota pati, Jawa Tengah. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Bandeng Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

Kota Juwana ini juga dikenal sebagai Kota Bandeng kenapa? Salah satu alasannya adalah karena area pertambakan yang ada di Juwana terbentang luas hampir 7 km sampai ke batas laut . Dari tambak – tambak ini setiap harinya menghasilkan puluhan ton bandeng.

Alasan lain dijuluki kota bandeng karena terkenal dengan olahannya yaitu bandeng presto, bandeng dengan duri yang sangat lunak yang rasanya sudah dapat dipastikan mampu menggoyang lidah untuk penikmatnya .

Tugu Juwana ini menggunakanb 3 ikan bandeng, kemudi kapal, jangkar dan sebuah kapal sebagai dasarannya. Keren kan? 

Artikel Terkait

Tugu Bandeng Juwana, Tegaskan Juwana Kota Bandeng
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments