Tuesday, May 17, 2016

Pohon Teduh, Tempat Ngaso Pak Tani dan Favorit Selfie di Pati

Destinasipati.com. Hampir rata-rata pengendara yang melewati tempat ini bertanya-tanya "jan jane iku nggo lapo" (sebenarnya itu tempat apa?). Ada sekumpulan pohon teduh yang berada tepat ditengah areal persawahan. Ditengahnya terdapat gubug tanpa dinding dan papan untuk duduk sekedarnya.

Ya, penulis menyebutnya pohon teduh (entah apa nama aslinya). Yang jelas, petani disekitar pohon teduh ini merawat dengan baik pohon tersebut. sekitarnya pun sudah di cor agar tanahnya tidak tergerus jadi areal persawahan.

Ditengahnya, terdapat jalan kecil sekitar 50 meter panjangnya untuk menuju ke tempat ini. Pohon Teduh Pati yang terletak di Jalan Pati Juwana KM 4 Desa Lambangan  atau berseberangan dengan PDAM Tirta Bening Pati ini memang tidak ditujukan untuk objek wisata. Namun bukan berarti tidak menjadi sasaran muda mudi hoby selfie untuk mengabadikan keindahannya. Pantas saja, mau musim kemarau saat pohon ini meranggas maupun saat musim hujan ketika menghijau tetap mempesona.

Tempat ini biasanya dijadikan tempat ngaso (istirahat) Pak Tani saat jamenan (Istirahat dan menikmati konsumsi seadanya) sambil berdiskusi apapun isi kepala. Kipas kipas, ngopi sambil menyantap pisang goreng kiriman istri dari rumah sambil ngobrol ngalor ngidul mulai dari urusan hama tanaman sampa politik sah diomongkan di sana.

Selain itu, saat mengawali musim panen, petani juga sering mengadakan wiwit (Selamatan, syukuran) jelang musim panen dengan doa dan puji syukur kepadaNya kemudian makan bersama.

Disana terdapat pula petilasan dibagian selatan.  Ada yang mengatakan petilasan ki Ondorante. Saat berkunjung, penulis belum bisa mendapat informasi yang cukup mengenai sejarahnya. Jadi di tulis dari sisi eksotisme alam dan kearifan lokal warga yang berinteraksi langsung tanpa perlu memakai gadget.

Semoga tempat ini tetap terjaga dan tolong jangan dirusak ya...biarkan dia teduh dan membantu memulihkan tenaga Pak Tani dengan semilir angin segar dibawahnya.

Artikel Terkait

Pohon Teduh, Tempat Ngaso Pak Tani dan Favorit Selfie di Pati
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments