Wednesday, May 25, 2016

Eksotisnya Wisata Alam Waduk Seloromo Gembong, Komposisi Alam yang Lengkap di Pati

destinasipati.com. Salah satu destinasi wisata Pati yang "wajib" anda kunjungi salah satunya adalah waduk Seloromo Gembong Pati. Waduk yang satu ini memang istimewa. Disana anda akan disuguhi pemandangan pepohonan rindang  mengelilingi "mangkok raksasa" tempat menampung air irigasi saat musim penghujan dan dialirkan ke sawah petani saat musim kemarau. Di tepinya terdapat rerumputan hijau yang sering dipakai untuk menggembala sapi. Nan jauh disana terdapat view gunung muria yang begitu jelas disambung dengan langit biru. Saat sunrise maupun sunset akan begitu eksotis.

Lokasi Waduk Seloromo tidak jauh dari pusat kota, yaitu bisa ditempuh sekitar 20 sampai 25 menit dari Simpang Lima atau Alun-alun. Dari arah Stadion Joyokusumo, silakan berjalan menuju arah barat (Gembong) dan lurus terus hingga sekitar 20 menit. Kanan jalan ada penunjuk Waduk Seloromo. 

Waduk ini pertama kali dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930. Di sebelah barat waduk ini juga terdapat waduk Gunung Rowo yang merupakan salah satu penyuplai air ke waduk ini. Jika dilihat dari konstruksi bangunan waduk ini sepertinya memang khas bangunan belanda dengan model tata irigasi yang luar biasa. 

Waduk ini memiliki pintu air unik yakni ditegahnya. Jadi air akan mengalir dari tengah ke tepi. Saat pintu air dibuka, akan terlihat sangat memukau. Namun, tentu saja akan berubah menyeramkan jika debit air terlalu tinggi apalagi hingga meluap. Karena bisa membuat banjir bandang di daerah dibawahnya. Bahkan ke pusat kota Pati.

Waduk yang sebagian besar terletak di desa Gembong kecamatan Gembong kabupaten Pati ini, sekarang menjadi sumber pendapatan bagi Desa Gembong dan sekitarnya. Selain sebagai sumber pengairan bagi lahan pertanian (sawah) di kecamatan Gembong dan kecamatan-kecamatan sekitar seperti Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu, dan Pati juga dipergunakan sebagai lokasi pembudidayaan ikan tawar.


Sejarah dan asal usul Waduk Seloromo.
Salah satu versi sejarah mengatakan bahwa asal-usul nama Seloromo diambil dari kata "selo" yang berarti batu atau beberapa literasi mengatakan tempat duduk dan "romo" yang berarti orang tua laki-laki atau bapak.

Waduk Seloromo Destinasi Wisata Alam.
Lokasi alam yang lengkap bisa melihat sunset dan sunrise, rona langit mempersona, view gunung muria, dataran rumputan, nelayan yang mencari ikan dengan gethek, memandikan kerbau dan sapi menjadikan lokasi ini favorit fotografer. Baik untuk landscape, pre wedding, maupun human interest. 


Artikel Terkait

Eksotisnya Wisata Alam Waduk Seloromo Gembong, Komposisi Alam yang Lengkap di Pati
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments