Saturday, February 27, 2016

Gerbang Selamat Datang Kabupaten Pati, Hogwarts Van Java



Destinasipati.com. Dolan ke Pati, baik dari arah barat (Kudus) maupun Timur (Rembang) Anda akan disapa sebuah gerbang Selamat Datang Kabupaten Pati. Begitu juga kalau hendak meninggalkan Kabupaten Pati pasti didoakan juga sama gerbang Selamat Jalan Kabupaten Pati ( biar Anda Selamat di Jalan, selamat sampai tujuan tentunya..hehehe)

Sekilas, kalau Anda menyusuri jalur pantura timur dari Semarang hingga ke Pati, sepertinya Anda akan menemukan kemiripan arsitektur bangunan gerbang Selamat Datang Kabupaten Pati. dengan gerbang Selamat Datang Demak Kota Wali. Ya, kalau sepintas dilihat dari kaki-kakinya rada-rada mirip sih (hehehe) Tapi tunggu...rasanya, hawanya, kesannya pasti beda. Apalagi kalau Anda lewatnya saat senja atau malam hari. Yakin banget kalau rasanya pasti beda. Kenapa? Ya karena kesannya yang W.O.W. Gerbang ini meletakkan simbol Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigara. 


Memang apa maknanya Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigara. ? sesuai konteks aslinya
Kuluk Kanigara dan Rambut Pinuntung adalah Pusaka Pati yang melambangkan kejayaan dan keutuhan daerah Pati.

Namun kalau boleh diterjemahkan bebas bisa juga diartikan bahwa jadi orang pati harus menjaga kewibawaannya (Kuluk/ penutup kepala/ kopyah dipakai dikepala dan kepala adalah lambang kewibawaan seseorang). Akan tetapi bisa juga bisa diartikan semua warganya berada dalam satu kesatuan yang sama. Sedangkan keris melambangkan kekuatan dan kejayaan. Artinya jadi orang Pati juga harus kuat (tenaga, pikiran, ekonomi, prinsip hidup). 

Segitu saja? tentu tidak. Pati juga mendapat julukan Hogwarts Van Java. Hogwarts adalah latar belakang utama dalam kisah harry potter. Memiliki kesan misterius dan magic yang tinggi. Nah, inilah yang membuat Pati mendapat julukan Hogwarts Van Java. Pati dikenal juga sebagai kota yang mistis alias banyak yang jadi paranormal. Banyak dukunnya juga. Mulai dukun ilmu putih, dukun ilmu hitam, dukun pijet, dukun bayi, dukun jok motor, sampai dukun lampu lah yo ono...

Sampai suatu ketika dalam sebuah tayangan televisi yang disiarkan malam malam itu, disebut bahwa Pati salah satu lokasi wisata alam gaib yang harus dikunjungi petualang mistis. Banyak tokoh yang dikenal sebagai tokoh mistis misalnya Bos Eddy, Jeng Asih, Mbah Imam (Imam Suroso yang sekarang beralih menjadi politikus) dll. 

Itu baru pintu masuknya lho...lain kali saya mau banyak bercerita tentang destinasi pati lainnya yang sayang untuk diabaikan. Ntar kalau dibiarkan terus ditikung teman...situ kelabakan....eeeaaa.....

Lepet dicampuri klopo, Bosone Srimpat Srimpet Anggep wae Ora popo
Penulis. Rif'an Zaen


Artikel Terkait

Gerbang Selamat Datang Kabupaten Pati, Hogwarts Van Java
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments